Cara Menghentikan Update Otomatis Di Google Play, Terbukti 100% Ampuh

1 min read

cara mengatasi google play update otomatis

Hobiku.id – Google Play merupakan toko aplikasi yang dibenamkan di hampir semua merk ponsel berbasis Android, kecuali beberapa merk yang menggunakan toko aplikasi mereka sendiri, sebagaimana Samsung yang memiliki Samsung store, namun memiliki prinsip serta penawaran aplikasi-aplikasi serupa. Akses ke Google Play diatur sejak pertama kali aktivasi ponsel, yakni dengan memasukkan e-mail yang kemudian terintegrasi dengan seluruh sistem perangkat elektronik tersebut. Di Google Play, pengguna ponsel Android dapat memilih penambahan aplikasi-aplikasi yang diinginkan di ponsel yang dimiliki.

Namun, terdapat problem yang cukup menjengkelkan pengguna Android dari aplikasi Google Play ini, yaitu kebiasaan untuk melakukan update otomatis dari aplikasi-aplikasi yang terpasang di ponsel setiap kali perusahaan penyedia mengunggah versi terbaru. Update otomatis itu mengabaikan otoritas dari pemilik ponsel dengan langsung memperbaharui aplikasi tanpa meminta persetujuan, kadang bahkan pemilik terkejut karena mendadak semua aplikasinya telah diperbarui. Masalahnya adalah kuota yang terkuras dalam proses update otomatis tidaklah sedikit, terutama bagi yang memang memasang banyak aplikasi di ponselnya.

Kehilangan kuota seperti itu tentu sangat menjengkelkan, terlebih bila setelah update otomatis ponsel menjadi sangat lambat dikarenakan aplikasi-aplikasi yang telah diperbaharui memiliki ukuran yang meningkat drastis, serta otomatis memakan RAM maupun memori internal ponsel hampir dua kali lipat. Ditambah lagi ponsel yang kemudian cepat panas karena kinerja yang terlalu berat tersebut. berikut ini merupakan cara menghentikan update otomatis di Google Play, terbukti 100% ampuh yang dapat Anda praktekkan sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain.

Cara Mengatasi Playstore Sering Update Otomatis di Android

Nah berikut ini ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar playstore di android Anda baik itu pada Hp samsung, xiaomi, oppo, lenovo, vivo dan lain sebagainya tidak bermasalah lagi. Yuks simak apa saja sih step by stepnya?

Baca Juga  Ssssttt! Ini Dia Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Di Banned

1. Akses aplikasi Google Play, lalu pilih tiga garis yang ada di pojok kiri atas

2. Klik menu “setting” atau “pengaturan”, lalu di opsi kedua, ada pilihan “auto update apps” atau yang berarti “update otomatis aplikasi” di mana Anda diberi pilihan otorisasi pembaharuan otomatis aplikasi-aplikasi di ponsel Anda

3. Terdapat tiga pilihan, yaitu : “Do not auto update apps” atau “Jangan mengupdate otomatis aplikasi” yang berarti Anda tidak memberikan izin sama sekali untuk update otomatis, “Auto-update apps at any time data charges may apply” atau “Selalu update otomatis aplikasi di mana biaya data mungkin dikenakan” yang merupakan pengaturan default pembaharuan aplikasi dan penyebab dari ponsel Anda selalu melakukan update otomatis, dan terakhir “Auto-update apss over Wifi only” atau “Update otomatis hanya menggunakan jaringan wifi” di mana Google Play hanya akan melakukan pembaharuan aplikasi bila ponsel terkoneksi dengan jaringan wifi dan bukan data seluler

4. Supaya aman, pilih saja “Do not auto update apps” yang mana aplikasi-aplikasi di ponsel hanya akan memperbaharui apabila Anda memberikan izin, itu pun hanya aplikasi tertentu yang dapat Anda pilih di menu “My apps and games” atau “Aplikasi dan permainanku” di Google Play.

Gimana sobat sangat mudah bukan? Nah mengenai tips diatas tentang cara mengatasi google playstore update otomatis di hp android sudah kami coba sebelumnya dan alhasilnya Alhamdulillah tidak update otomatis lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *